A. Pengertian Internet
Internet ( Interconnection Networking ) adalah jaringan komunikasi global yang terbuka dan menghubungkan jutaan bahkan milyaran jaringan komputer dengan berbagai tipe dan jenis, dengan menggunakan tipe komunikasi.
B. Pengertian Iklan Online
Metode periklanan dengan menggunakan media internet dan web ( world wide web ) dengan tujuan menyampaikan pesan pemasaran ( promosi untuk menarik pelanggan ).
C. Blog
Singkatan dari web log adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan- tulisan ( yang dimuat sebagai posting ) pada sebuah halaman web umum sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.
1. Berikut beberapa penyedian blog gratis yang dapat anda coba, diantaranya :
a. blogger.com
b. wordPress.com
c. blogsome.com
d. multiply.com
e. livejournal.com
f. blogetery.com
g. edublogs.org
D. Pengertian Adsense
program kerjasama periklanan melalui media internet yang diselenggarakan oleh google. melalui program periklanan adsense, pemilik website web atau blog yang telah mendaftar dan disetujui keanggotaannya diperbolehkan memasang unit iklan yang bentuk dan materinya telah ditentukan.
E. E- commerce
1. E-commerce bukanlah sekedar mekanisme penjualan barang atau jsa melalui medium internet, tetapi lebih pada sebuah transformasi bisnis yang merubah cara -cara perusahaan dalam melakukan aktifitas usahanya sehari-hari. perubahan mendasar dan redefinisi ulang terhadap bisnis inti perusahaan sering kali harus dilakukan sehubungan dengan fenomena ini ,karena berbagai paradigma baru telah mengubur prinsip- prinsip manajenen konvensional yang jika masih terus dilaksanakan akan justru mrenjadi hal yang merugikan perusahaan .
2. berdasarkan kebutuhan pelanggan, dan strategi pemasaran dilakukan melalui 4 jenis yaitu: dengan menambah jumlah pemakai , memperbesar tingkat pembelian, mempertahankan pelanggan yang ada , menjaring pelanggan baru.
3. strategi pemsaran berdasarkan media dilakukan melalui. keaslian lalu lintas informasi, Optimalisasi Google Maps. kampanye Pay Per Click( PPC), promosi dimedia sosial ,penggunaan blog, penggunaan vidio marketing , surat kabar digital.
4. Afiliasi Pemasaran dalam e- commerce merupakan salah satu cara untuk melakukanya . anda dapat tetap setia dengan satu pedagang atau berafiliasi dengan sebanyak pedagang yang anda butuhkan untuk bisnis anda .
5. Dalam membangun atau mengelola website e- commerce perlu memperhatikan arsitektur dan konfigurasi sistem , serta penggunaan aplikasi websire e- commerce yang sesuai dengan produk yang ditawarkan , dan mampu menjaga keamananan data serta komunikasi pelanggan.
6. Konfigurasi sistem aplikasi e- commerce perlu memperhatikan kehandalan sistem yang biasa di sebut dengan stateless web server dn statefull web server.
7. Konfigurasi sistem dan tool yang digunakan , adalah entripsi publikey / private- key , sertifikat , secure protokol, enkripsi dan tool sekuriti , penggunaan firewall , dan keamanan pemprosesan kartu kredit . sehingga para pelanggan produk -produk yang anda tawarkan merasa memiliki pilihan produk dan keamanan data mereka dapat dipertanggung jawabkan .
F. Riset Pasar
Riset Pemasaran adalah suatu proses pengumpulan informasi secara sistematis mengenai pemasaran dan seluk beluknya.
Tujuan dari riset pemasarn adalah: membantu pengambilan keputusan, peningkatan produk, dan mengurangi rtesiko kegagalan. banyak tipe riset, tapi yang dasar: primer vs sekunder dan kuantitatif vs kualitatif.
Riset sekunder adalah mengambil data yang sudah ada, misalnya dari perpustakaan dan internet. riset jenis ini lebih murah dan lebih cepat. kelemahannya, kita kesulitan mencari data dan sering kali tidak aktual sehingga tidak relevan dengan kondisi saat ini.
unruk riset primer, mengambil data langsung ke target riset ( konsumen atau responden). kelebihan riset jenis ini adalah lebih aktual, dapat diubah sesuai keinginan, tapi lebih mahal dan memakan waktu.
Riset kuantitatif adalah adanya kuesioner yang bersifat statistik sedang riset kualitatif bisa dilakukan dengan grup diskusi, observasi, dan inteview.
G. Riset pasar dan kompetitor online
Keberlangsungan sebuah usaha.secara sederhana riset pemasaran adalah suatu proses mengumpulkan informasi secara sistematis mengenai pemasaran dan seluk beluknya. informasi ini ,nantinya akan mewnghasilkan kumpulan info dan insight untuk memutuskan rencana pemasaran yang akan dilakukan .
Riset pemasaran berperan sebagai dasar penyusunan strategi dan taktik pemasaran , dimana harus didukung dengan data yang akurat , relavan , terpercaya, obyektif dan tepat waktu , sehingga manajemen perusahaan dapat merencanakan dan melaksanakan dengan baik berbagai aspek pemasaran, seperti pengembangan produk dan merk , penentuan harga, pendistribusian produk dan komunikasi pemasaran terintregasi .
Riset pemasaran menurut MALHOTRA (1996) merupakan identifikasi, pengumpulan, analisis dan penyebar luasan informasi secara sistematis dan obyektif dengan tujuan untuk membantu manajremen dalam pengambilan keputusan berkaitan dengan identifikasi dan pemecahan masalah dan peluang dalam bidang pemasaran.
Riset pemasaran menurut SISWANTO SUTOYO dalam bukunya "MANAJEMEN PEMASARAN UNTUK EKSEKUTIF NON-PEMASARAN" adalah kegiatan sistematis untuk mengumpulkan, mengelola dan menganalisis data yang bersangkutan dengan berbagai macam problem pemasaran yang sedang dihadapi perusahaan .
bagi perusahaan atau kelompok usaha yang telah berkecimpung dalam dunia pemasaran yang telah memanfaatkan jaringan internet maupun konfensional tentu menjadikan riset sebagai salah satu langkah penting, karena :
- Merupakan cara yang efektif untuk menentukan produk atau layanan yang layak jual.
- Merupakan sarana manajemen yang efektif dan efisien
- Merupakan sarana yang baik secara metodologi dan statistik
- Merupakan proses ilmiah yang bersifat netral dan memberikan hasi yang tidak bias / valid.
Kegiatan riset pemasaran sangat penting bagi para pengambil keputusan, walaupun hasil riset pemasaran tidak sepenuhnya menghasilkan keputusan yang sesuai harapan , hal ini dikarenakan berbagai hal berikut:
- Walaupun dilakukan secara profesional dan hati hati hasil riset pemasaran masih tetep mengandung resiko kesalan .
- Sebaik apapun riset pemasaran dilakukan, ia tidak mampu memperkirakan perkembangan pasar masa depan dengan penuh kepastian.
- Di sampuing menggunakan hasil temuan riset sebagai bahan masukan , untuk memutuskan strategi yang akan diterapkan hendaknya dipertimbangkan juga pengetahuan dan pengamatan lain yang berkaitan dengan kondisi pasar terutama pasar online.
- Perilaku konsumen yang cenderung terpengaruh pada indahnya penawaran melalui media gambar maupun vidio , walaupun kualitas produk dibutuhkan .
Dalam melakukan riset pemasaran, perlu memperhatikan kriteria sebagaui berikut.
a. Relevan
Menghasilkan informasi yang dibutuhkan untuk merespon tantangan atau menyelesaikan masalah pemasaran yang dihadapi perusahaan.
b. Tepat waktu
Hasil penelitian selesai tepat pada waktu yang telah direncanakan sebelumnya.
c. Efisien
Setiap pemasaran harus memberikan nilai tambah lebih besar dari pada biaya yang telah dikeluarkan.
d. Obyektif
Agar riset mampu menghasilkan kualitas informasi yang baik, sehingga kesalahan interpretasi dapat diminimalisir atau bahkan dihindari.
STRATEGI MENARIK CALON PELANGGAN
Menjalankan usaha dengan lancar dan berhasil mendapatkan pelanggan yang prospektif tentu menjadi impian besar bagi para pelaku usaha. Baik usaha kecil, usaha menengah, maupun perusahaan besar membutuhkan keberadaan pelanggan sebagain salah satu sumber pendapatan yang mendatangkan untung besar setiap bulannya.
Pelanggan merupakan bagian penting dalam pemasaran, maka memberikan perhatian kepada para pelanggan merupakan satu keharusan bagi para pemasar. strategi yang harus dilakukan untuk menarik perhatian pelanggan, adalah dengan menawarkan harga yang bersaing, menciptakan dan menawarkan produk-produk baru, melakukan promosi dengan berbagai media ( teks, audio, gambar, dan vidio ) , memperhatikan mereka dengan memberikan layanan yang khusus, seperti keanggotaan dalam toko online anda nah, untuk membantu para pelaku penjualan online dalam mendapatkan perhatian dan kepercayaan dari calon konsumennya. berikut ini beberapa poin penting yang perlukita perhatikan agar strategi pemasaran yang digunakan berhasil memikat para konsumen.
1. Penawaran harga yang bersaing
harga merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi sukses tidaknya pemasaran sebuah produk. oleh karena itu kita mengenal istilah pricing strategi atau strategi harga dalam pemasarsan. pengemasan dan pengelolaan harga produk yang jitu dapat menggugah minat seseorang untuk membeli produk yang ditawarkan
contoh: saat ingin membeli tas baru di sebuah pusat perbelanjaan , anda dihadapkan pada dua buah toko yang sama sama yang menjajakan tas. toko yang satu menawarkan koleksi tasnya didalam rak display tanpa label harga. sementara toko yang satu lagi menambahkan display harga dan mengelompokan koleksi tasnya sesuai model dalam pemberian harga.anda pasti akan cenderung menghampiri toko yang memiliki display harga karena anda akan lebih mudah membandingkan budget belanja dengan selera anda, ketimbang memilih toko yang satu lagi.
secara praktis , pricing strategi dapat di jelaskan sebagai cara pemasaran bermain main dengan angka ( baca: harga produk) untuk menarik minat beli calon pembelinya .hal hal yang dapat mempengaruhi pricing strategi antara lain kelas ekonomi sasaran penjualan , gaya hidup masyarakan , produk yang ditawarkan , dan lain lain.
berikut beberapa strategi penetapan harga ( pricing strategi) yang ditertapkan oleh para pemasar.
a. menambahkan hadiah
kata " gratis" bisa menjadi kata sakti untuk menerik pembeli . pernahkah anda melihat pemilik toko mencantumkan promo dibalik etalase tokonya seperti ini , " beli dua gratis satu!" atau iklan sejenis itu. strategi sejenis ini cukup mumpuni diterapkan apalagi masyarakat kita memeng suka dengan gratisan . sebagai contoh , ketimbang memasang label harga Rp. 8000, per botol seorang pedagang minuman memilih menaikan harganya menjadi Rp. 12.000 per botol , namun pembeli mendapat gratis satu botol setiap pembelian dua buah botol.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar